Belanda-Indonesia Selidiki Kasus Hilangnya Kapal Perang Belanda

Salah satu kapal perang saat itu
Foto: vimedo

Kementerian Pertahanan Belanda akan menyelidiki lebih lanjut kasus hilangnya kapal perang Belanda yang terbenam di Laut Jawa pada 1942 lalu.

Akhir 2016 diumumkan bahwa rongsokan kapal-kapal penjelajah De Ruyter dan Java serta sebagian besar kapal pemburu torpedo Kortenaar tidak ditemukan lagi di dalam laut Jawa. Berita ini membuat keluarga korban tercengang. Kapal-kapal tersebut tenggelam 76 tahun saat berlangsung perang antara Belanda melawan Jepang di Laut Jawa.

Belum lama berselang website berbahasa Indonesia Tirto.id dan koran Belanda De Telegraaf memberitakan jenazah tentara juga tidak ditemukan lagi saat dilakukan evakuasi bangkai kapal De Ruyter.

Tirto.id, membantah hasil penyelidikan resmi, Konon ada izin yang diberikan untuk melakukan evakuasi di kawasan tempat kapal terbenam. Juga dilaporkan ada jenazah yang dimakamkan di kuburan masal.

Menteri Pertahanan Belanda, Ank Bijlveld, Kamis ini memberitahukan kepada Parlemen Belanda bahwa pemberitaan tersebut di atas sudah diselidiki.

Berita-berita lain misalnya mengenai jenazah, menurut Menteri, masih akan diselidiki. Pihak Indonesia juga kembali akan menyelidiki kasus ini. Dubes Belanda di Jakarta berbicara dengan Menteri Perhubungan RI Kamis.

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, sangat serius menanggapi kasus ini. Ia mengatakan, Indonesia dan Belanda akan bekerjasama untuk menyelidiki apa yang terjadi dengan kapal-kapal perang Belanda tersebut.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s