Jam Sekolah dan Kantor di Belanda Disesuaikan Karena Suhu Panas

Duduk dekat air saat suhu sangat panas
©flickr.com

Belakangan suhu di Belanda sangat panas. Setidaknya menurut ukuran Belanda. Makanya beberapa sekolah di kawasan Timur dan Selatan mengambil tindakan khusus. Misalnya beberapa sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di luar gedung sekolah, menambah minuman buat siswa.

Ada juga sekolah yang menyesuaikan waktu sekolah atau apa yang disebut tropenrooster yang arti harfiyahnya jadwal tropis. Misalnya sekolah Bernard Lievegoedschool di Maastricht, Belanda Selatan, buka hanya sampai jam 13.30. Menurut sekolah ini, lewat jam tersebut suhu di sekolah melunjak terutama di lantai paling atas.

“Di sana panasnya luar biasa, “ kata direktur sekolah Janny de Vries kepada televise lokak 1Limburg. “Sampai-sampai ada siswa yang sakit kepada dan pusing kepala.”

Sekolah Pieter Breughelschool di Arnhem, Belanda Timur, banyak menyelenggarakn kegiatan di hutan di bawah pohon-pohon rindang. Misalnya Selasa ini mereka melakukan latihan musical di hutan.

Banyak sekolah lain yang memberlakukan tropenrooster Kamis mendatang yang mana suhu mencapai 30 derajat selsius. Jam 12.30 para murid sudah disuruh pulang.

Tropenrooster tidak hanya diberlakukan di sekolah-sekolah saja. PNS di kantor gubernur di Maastricht diperbolehkan pulang lebih dini. Fasalnya suhu udara di sana bisa mencapai 35 derajat, suatu hal yang jarang terjadi di Belanda.

Terlepas dari itu, kantor Gubernur Maastricht saat ini tengah membangung sistem yang bisa mengatur suhu.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s