“Belanda Harus Mengembalikan Karya Seni ke Negara Bekas Jajahannya”

Peneliti Belanda Jos van Beurden mengimbau agar Belanda mengembalikan benda-benda budaya yang dibawa dari negara-negara bekas jajahan.

Di museum-museum Belanda ada ribuan benda budaya yang diangkut dari negara bekas jajahan dengan cara dubius. Van Beurden menemukan, bahwa permintaan pengembalian oleh negara-negara asal benda-benda tersebut jarang dipenuhi.

Benda-benda itu biasanya tidak dibubuhi informasi yang jelas tentang asalnya.

Van Beurden mengatakan, bahwa VOC bukan hanya membawa rempah-rempah dari Indonesia tapi juga karya seni yang berharga. Namun demikian Van Beurden mengakui, bahwa ada benda-benda  yang memang dibeli oleh Belanda. Tapi kebanyakan benda-benda budaya dan pusaka itu tergolong “kunstroof” atau pencurian seni.

Pada tahun 1975 Indonesia pernah meminta pengembalian 10000 karya seni. Salah satunya adalah patung Ganesha yang di candi Singosari.

Ada orang yang berpendapat bahwa karya-karya seni itu tidak akan terpelihara dengan baik kalau dikembalikan ke negara asal. Peneliti Belanda ini melihat pendapat ini menggurui. Menurut penulis buku “Treasures in Trusted Hands (Harta di tangan Terpercaya)’ ini, negara-negara terkait mampu mengurusnya.

Selain dari Indonesia, benda dan karya seni pusaka yang ada di museum-museum Belanda itu juga berasal dari negara-negara bekas jajahan Belanda lainnya seperti Sri Lanka. Di negara-negara Eropa lain juga banyak karya seni yang bersejarah yang berasal dari Amerika Latin, Afrika, Asia dan kawasan-kawasan lain dipamerkan di museum.

Sumber: Trouw

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s