Pemegang Saham Menentang Penjualan Perusahaan Belanda ke Asing

Logo perusahaan AkzoNobel

Mayoritas pemegang saham di Belanda menentang penjualan perusahaan Belanda yang tercatat di bursa saham kepada perusahaan asing. Demikian kesimpulan bank Belanda ING berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan Sabtu 29 April tentang pemikiran inverstor.

Alasan kenapa para pemegang saham menentang pengambil alihan perusahaan Belanda oleh asing itu karena mereka melihat hal itu berbahaya bagi lowongan kerja di Belanda.

Dua pertiga dari investor berpendapat, bahwa pemerintah harus berperanan penting untuk melindungi ekonomi Belanda terhadap upaya pencaplokan oleh perusahaan asing.

ING melakukan angket ini sehubungan dengan perkembangan terakhir di perusahaan raksasa sabun cuci Unilever dan konglomerat cat dan kimia AkzoNobel. Perusahaan-perusahaan ini diincar perusahaan asing. PPG Industries dari Amerika minggu lalu menaikkan tawarannya untuk mengambil alih AkzoNobel.

Menurut ING banyak warga Belanda yang membeli saham di perusahaan-perusahaan ini bukan karena mereka mengharapkan akan terjadi pengambilalihan oleh perusahaan asing sehingga kurs bursa naik. Namun demikian investor Belanda pada umumnya positif terhadap ekonomi Belanda dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bursa. Dua pertiga pemegang saham merasa bahwa index AEX di bursa Amsterdam akan naik pada bulan-bulan mendatang,

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s