Rusia Adalah Ancaman Serius Bagi Belanda dan Barat

Direktur MIVD, Onno Eichelscheim
©rijksoverheid

Direktur Dinas Keamanan dan Intelijen Militer Belanda MIVD mengatakan, upaya Rusia untuk mendestabilisasi Belanda, Eropa dan NATO begitu serius sehingga merupakan ancaman keamanan terbesar bagi Barat setelah terorisme.

Hal ini dinyatakannya saat mempresentasikan laporan tahunan MIVD Senin 24 April 2017.

MIVD memperingatkan akan bertambahnya perang hibrida, meningkatnya kapasitas tentara Rusia dan bertambah pesatnya ancaman cyber. Menurut Mayjen Onno Eichelscheim, Rusia ingin memulihkan kembali pengaruhnya terhadap warga yang berbahasa Rusia di negara-negara bekas Uni Soviet.

Untuk mencapai tujuan itu, Moskow akan mengerahkan segalanya, termasuk sarana militer,” tutur pemimpin MIVD. Dinas intelijen ini juga menemukan, bahwa Rusia makin gesit melakukan perang hibrida. Misalnya mereka melakukan penyebaran informasi palsu.

Contonya, menurut Eichelsheim, berita palsu yang disebarkan Rusia berkaitan dengan jatuhnya MH17 di Ukraina Timur. Juga ada berita bohong yang mengatakan bahwa serdadu NATO asal Jerman memperkosa seorang perempuan.

Menurut Eichelsheim, MIVD juga melihat, tehnologi Rusia juga makin maju. Misalnya di Suriah tentara Rusia cepat beroperasi dan bisa bertahan lama di luar negeri. Bukan secara konvensional saja tentara Rusia makin maju, tapi juga di bidang perang digital. Selain itu Rusia juga sempat berusaha untuk mengganggu jalannya pemilu di negara Barat, misalnya di Amerika.

Mayjen Eichelsheim berpendapat tugas penting adalah menghadapi penyebaran berita-berita bohong.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s