Kerabat Korban MH17 Meminta Video CCTV Keluarga Mereka di Schiphol

Lautan bunga di bandara Schiphol
©JurgenNL

Parah ahli waris korban pesawat Malaysia MH17 sudah tiga tahun belum berhasil juga meminta agar bisa melihat film CCTV bandara Schiphol yang memperlihatkan keluarga mereka. Hal ini dinyatakan oleh kerabat korban dan pengurus yayasan Vliegramp Mh17 kepada RTL Nieuws.

Gambar-gambar bergerak tersebut dibikin oleh CCTV di bandara dan menurut RTL Nieuws disimpan oleh Kejaksaan. Kejaksaan menolak membagikan video tersebut kepada ahli waris.

Di film itu bisa dilihat para calon penumpang dan kru MH17 saat checkking. Gambar-gambar itu dibuat oleh 34 CCTV di ruang keberangkatan dan lounge bandara Schiphol, yang direkam pada 17 Juli 2014 antara pukul 04.00 sampai 14.00  waktu Belanda.

Kejaksaan sudah pada 2015 memberitahu ahli waris melalui surat. “Sangat sulit untuk mempelajari rekaman-rekaman dari 34 CCTV, yang masing-masing panjangnya berbeda dan mengecek tiap calon penumpang untuk mengetahui mana yang termasuk korban MH17  atau tidak.”

Selanjutnya Kejaksaan mengatakan, bahwa kualitas film mungkin tidak memadai untuk bisa mengenali korban.

Menteri Kehakiman Stef Blok sudah memberi para ahli waris bahwa ia akan berunding dengan pihak Kejaksaan untuk membicarakan apakah gambar-gambar itu bisa diperlihatkan kepada ahli waris.

Pesawat Malaysia Airways MH17 yang bertolak dari Schiphol jatuh di Ukraina Timur pada 17 Juli 2014. 298 penumpangnya tewas, termasuk 196 warga Belanda. Warga asal Indonesia 11 orang menjadi korban.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s