Pengusaha Belanda Divonis Terlibat Kejahatan Perang di Liberia

Suasana ruang sidang di Pengadilan Tinggi
©nos

Pengusaha Belanda Guus Kouwenhoven divonis 19 tahun penjara karena melakukan perdagangan senjata secara ilegal dan terlibat kejahatan perang di Liberia dan Guinee. Tuntutan Jaksa adalah 20 tahun penjara.

Pada 2000 dan 2001 Kouwenhoven memasok senjata kepada diktator Liberia Charles Taylor, dengan imbalan diberi hak-hak istimewa buat perusahaan kayunya. Dengan memasok senjata berarti ia melanggar embargo yang diberlakukan oleh PBB saat itu.

Talyor sempat bertahun-tahun melakukan perang saudara, yang menewaskan sekitar 150.000 warga. Pada 2003 ia dilengserkan dan akhirnya divonis 50 tahun penjara.

Pengadilan Tinggi Belanda di Den Bosch menilai Kowenhoven bersalah melakukan kejahatan perang dan perdagangan senjata. Hakim mengatakan, adalah penting untuk menegaskan kepada para korban dan ahli waris mereka bahwa perbuatan pengusaha ini sangat parah.

Pengusaha yang berusia 75 tahun sendiri selalu membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Karena alasan medis ia tidak hadir pada sidang pengadilan di Den Bosch yang membuka kembali kasusnya.

Pengadilan Tinggi Den Bosch berpendapat, meski yang terkait sakit, ia tetap harus dipenjarakan. Kejaksaanpun memerintahkan untuk menahan Kouwenhoven. Namun pengusaha ini berada di luar negeri tapi tidak diketahui persis di mana. Menurut pengacaranya Inez Weski, Kouwenhoven mau bekerjasama. Namun Weski menambahkan, kliennya mau mengajukan permohonan kasasi.

Pada 2006 pengadilan negeri memvonis Kouwenhoven delapan tahun penjara atas kasus penyelundupan senjata. Dua tahun kemudian Pengadilan Tinggi memvonisnya bebas karena tidak ada bukti. Saat itu banyak saksi memberi kesaksian yang bertentangan dan berubah-ubah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s