Menlu Belanda Koenders Prihatin Akan Hasil Referendum Turki

Menlu Belanda, Bert Koenders
©rijksoverheid.nl

Menteri Luar Negeri Belanda Demisioner, Bert Koenders, menyampaikan keprihatinannya atas hasil referendum di Turki, yang menambah kekuasaan presiden Recep Tayyip Erdoğan. Ahad malam waktu setempat Panitia Pemilihan Turki mengumumkan bahwa mayoritas warga Turki mendukung amandemen dalam referendum tersebut. Ini berarti kekuasan persiden Erdoğan bertambah.

“Amandemen Kontsitusi ini terlalu banyak memberi kekuasaan kepada seseorang. Uni Eropa akan menilai proses selanjutnya dengan kritis,” kata menlu Koenders.

Koenders mengimbau Turki agar mengikuti rekomendasi Dewan Eropa, di mana Turki juga termasuk anggotanya. Sama seperti Dewan Eropa dan Organisasi Kerjasama Pembangunan dan Ekonomi Eropa OECD Koenders juga mengatakan, ia juga prihatin atas proses yang tidak adil selama kampanye menjelang referendum. Koeders juga menyatakan bahwa niat Erdoğan untuk memberlakukan kembali hukuman mati, bertentangan dengan nilai-nilai Eropa.

Menlu Belanda menyampaikan reaksinya dari Tirana, ibut kota Albania, di mana ia antara lain tengah melakukan perundingan dengan sejawatnya Gabriel tentang hasil referendum Turki.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s