Masa pelacakan koalisi kabinet Belanda ditambah satu minggu

Edit Schippers
©rijksoverheid

Hampir seminggu setelah pemilu tanggal 15 Maret lalu, kini Belanda sedang sibu melacak kemungkinan pembentukan koalisi kabinet. Menteri demisioner Edith Schippers ditugasi oleh Parlemen untuk berbicara dengan berbagai pihak untuk melihat koalisi mana yang bisa dibentuk.

Menurut rencana semula Schippers sudah harus memberikan laporan Rabu tanggal 22 Maret. Tapi ia meminta kepada Ketua Parlemen Khadija Arib untuk memberi waktu satu minggu lagi.

Setelah berunding dengan para pemimpin partai, Khadija Arib mengusulkan agar debat mengenai laporan pelacakan Schipper dibicarakan pada Rabu minggu depan.

Senin Schippers menerima semua pemimpin partai yang berhasil meraih kursi di parlemen pada pemilu.

Selasa ia membicarakan kemungkinan koalisi antara partai liberal konservatif VVD, partai kristen CDA, partai demokrat D66 dan partai GroenLinks. Partai yang tersebut terakhir ini jumlah kursinya bertambah sangat banyak dibanding sebelumnya.  Makanya partai kiri ini diperlukan untuk mencukupi dukungan koalisi.

Namun masalahnya pemimpin partai Jesse Klaver menyatakan, perbedaan antara partainya dengan VVD, partainya perdana menteri Mark Rutte, sangat besar. Kendati demikian, seusai berjumpa dengan Schipper Klaver mengatakan, semua kemungkinan masih terbuka. Ini berarti pintu belum tertutup bagi GroenLinks untuk berkoalisi dengan VVD.

Hari-hari berikut Schipper antara lain akan berbicara dengan Geert Wilders, pemimpin PVV, Partai untuk Kebebasan. Sebelum pemilu, mayoritas pemimin partai termasuk Mark Rutte menyatakan tidak akan mau berkoalisi dengan partai anti Islam ini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s