Peningkatan penyewaan rumah ilegal lewat Airbnb meningkat

T

©Tjebbe van Tijen

Tahun lalu jumlah kasus denda kepada warga Amterdam yang  menyewakan rumahnya kepada wisatawan melalui website Airbnb betambah banyak. Ada 166 kasus denda yang nilai totalnya 1,9 juta euro, yang sebagian besar merupakan kasus penyewaan kepada wisatawan secara ilegal. Pada 2015 ada 122 denda dikenakan yang nilai totalnya 1,2 juta euro.

Sebanyak 284 apartemen ditutup, yang sebagian besar dijadikan hotel ilegal. Pada 2015 jumlahnya 167.

Pusat pelaporan Pemkot Amsterdam menerima 1331 laporan tentang penyewaan ilegal. Jadi 50 persen melebihi tahun 2015. “Peningkatan itu sebagian merupaka dampak dari makin dikenalnya pusat pelaporan, tapi di segi lagi bisa juga karena bertambah populernya penyewaan rumah kepada wisatawan,” kata jubir pemkot.

Warga Amsterdam diperbolehkan menyewakan rumahnya kepada wisatawan paling lama 60 hari per tahun. Dan mereka hanya boleh menampung maksimal empat orang wisatawan secara serentak. Tapi ternyata banyak apartemen yang disewakan lewat Airbnb sepanjang tahun.

Belum lama berselang Airbnb dan Pemkota Amsterdam sepakat bahwa sejak tahun ini apartemen yang sudah melewati batas 60 hari harus dibuang dari website.

Sejak April 2016 Pemkot Amsterdam juga melacak pernyewaan ilegal di situs Airbnb dan Wimdu. Tahun lalu metode ini berhasil menemukan 159 alamat yang mungkin melakukan penyewaan ilegal. Dalam 17 kasus ada hotel ilegal yang langsung ditutup berkaitan dengan keamanan kebakaran. Ada tempat-tempat yang masih diselidiki yang mungkin akan kena denda.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s