Walikota Rotterdam sudah menyiapkan perintah darurat

Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb
©Wouter Engler

Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb sudah menyiapkan perintah darurat kalau menteri urusan keluarga Turki Fatma Betül Sayan Kaya betul-betul datang ke Rotterdam untuk mengunjungi Konsulaat Jendral Turki di kota itu. Demikian dilaporkan sumber di seputar kabinet Belanda kepada media elektronik NOS.

Beberapa sumber mengatakan, kalau menteri dari Turki itu mengendarai mobil yang dibubuhi pelat nomor diplomatik menuju Rotterdam, ia akan diizinkan dan boleh memasuki gedung Konsulat Turki. Tapi daerah di sekitarnya akan ditutup rapat-rapat dan “baik orang Belanda maupun orang Turki tidak boleh mendekat ke sana”.

Disiapkannnya perintah darurat ini merupakan reaksi terhadap berita-berita dari kantor berita Turki Anadolu yang melaporkan bahwa menteri terkait berada di perjalanan dari Jerman menuju Belanda. Media membenarkan berita kedatangan menteri tersebut.

Anadolu menulis bahwa menteri mengendarai mobil menuju Rotterdam. Namun otoritas tidak mau mengkonfirmasi berita kedatangan menteri. Koordinator Nasional untuk Terorisme dan Keamanan Belanda NCTV juga tidak bisa mengkonfirmasi berita ini, tapi juga tidak menyangkal.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengirim menterinya untuk ke Belanda untuk mencari dukungan di kalangan masyarakat Turki di luar negeri agar mendukung referendum yang memperkuat kekuasaannya.  Pemerintah Belanda tidak setuju kedatangan menteri Turki, karena khawatir akan menyulut pro kontra sehingga terjadi kerusuhan.

Di jalan tempat konsulat Turki berada di kawasaan Hillegersberg, Rotterdam, sudah diberlakukan keadaan darurat.

Perintah darurat atau noodbevel diberlakukan oleh walikota apabila terjadi kerusuhan, kekacauan yang parah atau bencana, atau kekhawatiran akan terjadi hal-hal tersebut

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s