Menlu Turki batal datang ke Rotterdam

Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu
©Foreign and Commonwealth Office

Menlu Turki  Mevlüt Cavusoglu tidak jadi berbicara di gedung pertemuan di Rotterdam Sabtu mendatang. Demikian disampaikan oleh eksploitan gedung tersebut kepada walikota Ahmed Aboutaleb Rabu 8 Maart 2017.

“Eskloitan gedung memberi saya informasi bahwa ia tidak akan menyediakan ruang pertemuan,” tulis walikota dalam suratnya kepada Dewan Kotapraja.

Andaikan eksploitan sendiri tidak membatalkan pertemuan, kemungkinan besar polisi, kejaksaan dan pemkot apa yang disebut penguasa segitiga Rotterdam akan melarang pertemuan diadakan di kota itu di mana pun. Alasan paling adalah risiko bagi ketertiban umum dan keamanan.

“Saya sendiri tidak berhak menilai isi pertemuan seperti itu,” tulis Aboutaleb. “Namun saya berpendapat, juga atas nama segitiga, kedatangan menteri itu bisa membawa risiko langsung bagi ketertiban umum dan keamanan di Rotterdam dan bisa meningkatkan polarisasi dan eskalasi.”

Walikota yang berasal dari Maroko itu juga merujuk upaya kudeta gagal, yang mengakibatkan ketegangan di kalangan warga Belanda asal Turki meningkat. “Mereka juga berdampak bagi rasa keamanan warga Rotterdam asal Turki.”

Walikota Aboutaleb juga sependapat dengan perdana menteri Mark Rutte, yang mengatakan kunjungan menlu Turki untuk berkampanye itu ke luar negeri itu tidak diharapkan.

“Kami beranggapan ini tidak diinginkan dan akan menyampaikan hal ini kepada pemerintah Turki, “ tulis Kemenlu Belanda di Den Haag. “Ruang publik Belanda bukanlah tempat untuk berkampanye bagi negara lain,” kata Rutte di Facebook.

Aboutaleb mengatakan, dirinya yakin, diplomasi internasional dan kalangan politisi akan menjalankan tugasnya dan menteri Turki akan membatalkan kunjungannya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s