Bisakah Belanda melarang kedatangan menlu Turki?

Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu ©Foreign and Commonwealth Office

Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu
©Foreign and Commonwealth Office

Pemerintah Belanda, baik pusat maupun lokal menghadapi dilema sehubungan dengan rencana kedatangan menlu Turki,  Mevlut Cavusoglu, ke Roterdam. Mevlut Cavusoglu ingin mengadakan pertemuan dengan warga  Belanda asal Turki untuk mengajak mereka ramai-ramai mencoblos pada referendum UUD Turki nanti.

Perdana menteri Belanda, Mark Rutte, tidak bisa melarang kedatangan menlu Turki ini, karena ia tidak memiliki dasar hukum untuk melakukan hal itu.

Satu-satunya yang mungkin bisa menghalangi pertemuan itu adalah wali kota Rotterdam,  Ahmed Aboutaleb. Menurut pakar hukum Belanda, hanya kalau ada bukti kongkret bahwa pertemuan akan menyulut kerusuhan, baru wali kota bisa memberlakukan larangan. Misalnya jika akan terjadi konfrontasi dengan  kelompok lain seperti warga Kurdi yang mau menggelar demonstrasi tandingan.

Maka walikota bisa memberlakukan Undang-Undang darurat. “Namun panitia pertemuan bisa memperotes keputusan itu melakui hakim”, kata guru besar tata negara, Jit Peters.

Namun pakar Turki, Joost Lagendijk, tidak mengerti keberatan pemerintah Belanda atas kedatangan menlu Turki ini. “Apakah Belanda berhak menentukan apa yang boleh dibahas oleh warga Belanda asal Turki?”, katanya di acara radio Belanda Met het oog op Morgen.

Menurut Lagendijk, melarang pertemuan menlu Turki dengan warga Belanda asal Turki itu adalah tindakan tidak demokratis dan bertentangan dengan prinsip kebebasan berekspresi.

Hari-hari mendatang akan ada keputusan apakah pertemuan ini akan dilarang oleh walikota Aboutaleb. Minggu lalu kongres Warga Palestina yang menghadirkan tokoh Hamas untuk berbicara, tidak dilarang oleh walikota yang berasal dari Maroko itu. “Saya tidak diperbolehkan menyensor,” katanya.

Sumber:NOS

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s