Dampak Brexit, banyak perusahaan Inggris mau pindah ke Belanda

Pusat kota Amsterdam dengan kanalnya ©CherryX

Pusat kota Amsterdam dengan kanalnya
©CherryX

Makin banyak perusahaan dari Inggris mau pindah ke Belanda. Soalnya gara-gara Brexit mereka kemungkinan besar akan lebih sulit sedikit untuk berbisnis dengan Uni Eropa.

Keinginan untuk menyeberang ke daratan Eropa itu kemungkinan besar karena perdana menteri Inggris May bulan lalu mengumumkan, negerinya bukan hanya mau hengkang dari Uni Eropa tapi juga dari pasar internal Eropa. Ini akan mempersulit berbagai perusahaan untuk berbisnis dengan Uni Eropa.

Menurut media online Belanda NRC Next, sudah terjadi puluhan pembicaraan antara berbagai perusahaan yang berdomisili di Inggris dengan Otoritas Pasar Keuangan Belanda AFM, dan pemkot Amsterdam dan Rotterdam. Juru bicara AFM mengaku memang ada semacam kegiatan orientasi untuk membuka kantor baru dari bermacam perusahaan.

Pejabat senior Pemkot Amsterdam Ollongren  mengatakan, isi pembicaraan-pembicaraanya makin kongret dan banyak perusahaan sudah mau melihat-lihat di kotanya. Ia menambahkan, Amsterdam memang sedang berunding dengan cukup banyak perusahaan.

Perusahaan-perusahaan yang mau hengkang dari Inggris, bukan hanya perusahaan negeri itu saja. Tahun lalu dua bank Jepang, Mitsubishi UFJ dan Mizuho, sudah memperbesar cabang-cabangnya di Belanda. CEO Mizuho bulan lalu memberitahukan bahwa ia akan memindahkan ribuah lowongan kerja di  bidang investasi dari London, mungkin ke Amsterdam.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s