Pengadilan ulang pebisnis Belanda terkait kejahatan perang Liberia

Mahkamah di Den Bosch ©Cro-Cop at Dutch Wikipedia

Mahkamah di Den Bosch
©Cro-Cop at Dutch Wikipedia

Jaksa kembali menuntut dua belas tahun penjara terhadap pengusaha Belanda Guus Kouwenhoven dalam proses peradilan ulang dengan tuduhan impor senjata dan kejahatan perang di Liberia. Ini terjadi di Mahkamah di kota Den Bosch, Belanda Tengah.

Pada 2006 Kouwenhoven divonis delapan tahun penjara hanya atas kasus penyelundupan senjata. Saat itu jaksa menuntut dua puluh tahun penjara. Dua tahun kemudian Mahkamah memvonisnya bebas karena tidak ada bukti, terutama karena banyak saksi yang pendapatnya bertentangan dan berubah-ubah. Atas permohonan penuntut, kasus ini dibuka.

Meski dia divonis oleh Mahkamah Agung pada 2008, Kejaksaan tetap berpendapat bahwa warga Belanda ini mendukung rezim mantan presiden Liberia, Charles Taylor dalam perang saudara antara tahun 2000 sampai 2003. Meski adanya pernyataan-pernyataan saksi yang kontroversial itu, namun jaksa tetap berpendapat, bahwa penyataan itu secara garis besar mengandung kebenaran.  Diskrepansi cerita para saksi itu terjadi kerena mereka diancam, dipengaruhi, disogok, dibius atau menderita trauma. Demikian tandas advokat umum Cara Pronk-Jordan.

Saksi-saksi mengatakan, mereka melihat senjata dipasok di pelabuhan Buchanan, padahal diberlakukan embargo senjata. Kouwenhoven dianggap terlibat karena perusahaannya membantu pengangkutan senjata ke fron.

Kouwenhoven sendiri selalu menyangkal. Pada 2007 ia dibebaskan, setelah ditahan dua tahun. Tersangka yang kini sudah berusia 74 tahun itu tidak hadir di pengadilan, karena alasan medis. Namun demikian Jaksa tetap menuntut hukuman tinggi.

Pengacaranya, Inez Weski, akan berbicara pada 24 Februari. Ia menganggap aneh kenapa jaksa masih mengandalkan berkas palsu yang terdiri dari pernyataan-pernyataan mustahil dan bohong.

Tidak jelas kapan hakim mengeluarkan vonis.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s