Rapper Muslim Belanda Berdamai Dengan Organisasi Yahudi

Rapper Belanda asal Maroko Ali.B ©nl.m.wikipedia.org/miho

Rapper Belanda asal Maroko Ali.B
©nl.m.wikipedia.org/miho

Rapper Belanda asal Maroko, Ali.B, akhirnya berbicara dengan ketua Badan Perundingan Pusat Yahudi atau het Centraal Joods Overleg (CJO). Perkaranya artis muslim ini dituduh anti Yahudi gara-gara teks lagu barunya yang berjudul Dat is Money (Itulah Uang). Dalam lagu ini ada teks yang bisa diterjemahkan bebas dalam Bahasa Indonesia “tapi saya senang uang seperti orang Yahudi…..”

Setelah terjadi pembicaraan dengan baik antara rapper muslim dan Ron van der Wieken yang yahudi itu akhirnya disimpulkan bahwa teks di atas tidak bertujuan untuk menjelekkan orang Yahudi.

“Ia (Ali) tidak berniat menghina orang Yahudi,” kata Van der Wieken. Menurut dia ucapan Ali  itu justru dapat diinterpretasikan sebagai pujian bagi orang Yahudi: “ orang Yahudi  itu pintar dan saya menyatakan bahwa saya sebagai seorang muslim juga memiliki sifat Yahudi.” Van der Wieken menyayangkan “pujian”ini gampang disalahartikan, padahal Ali tidak bermaksud demikian”.

Ali memahami sikap CJO yang merupakan gabungan organisasi Yahudi di Belanda itu. Van der Wieken: “Ia (Ali) menyesal atas terjadinya kesalahpahaman itu dan ia menegaskan lagi bahwa ia tidak ada perasaaan anti Yahudi sama sekali.”

Walhasil menurut ketua CJO, tidak ada sama sekali antisemitisme dalam ucapan Ali itu. Dan bagi CIO kasus ini sudah selesai.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s