Banyak Kerusuhan di Pergantian Tahun Belanda

Polisi sibuk menjalankan tugasnya ©nos

Polisi sibuk menjalankan tugasnya
©nos

Berbagai kota di Belanda dilanda kerusuhan pada malam pergantian tahun. Di Asmterdam 32 warga ditanggap dan ada sebelas insiden di mana polisi, pemadam kebakaran dan pengatur lalu lintas dilempari dengan mercon.

Polisi, pemadam kebakaran dan karyawan ambulans di Rotterdam sangat repot. Mobil pemadam kebakaran terpaksa 421 kali dikerahkan. Ada tiga puluh kebakaran terjadi yang antara lain berupa kebakaran mobil,  rumah warga dan gedung perusahaan.

Kondisi Utrecht, Belanda Tengah,  lebih tenang dibandingkan tahun lalu. Hanya 24 buah mobil dibakar dan tidak banyak perusuh ditangkap. Pemadam kebakaran juga tidak banyak dikerahkan.

Di kota Amersfoort, tidak jauh dari Utrecht, Belanda Tengah, terjadi kerusuhan yang dilakukan oleh sekitar tiga puluh remaja. Polisi anti huru  hara terpaksa dilibatkan untuk menenangkan suasana di sebelah utara pusat kota.

Sekitar enam puluh ribu warga berkumpul menyaksikan pagelaran kembang api di jembatan Erasmus di Rotterdam. Dengan demikian edisi kesepuluh ini memecahkan rekor.

Ramai-ramai nyemplung ke laut yang dingin ©Alexander Fritze

Ramai-ramai nyemplung ke laut yang dingin
©Alexander Fritze

Pagelaran kembang api juga diselenggarakan di dekat Museum Pelayaran atau Scheepvaartmuseum di Amsterdam. Dan di pantai Scheveningen, Den Haag, ada dua api unggun.

Di siang hari pada tanggal 1 Januari 2017 di Scheveningen, sekitar puluhan ribu warga mengikuti acara menyelam di laut yang dingin. Acara yang disebut Nieuwjaarsduik atau Menyelam Tahun Baru ini sudah menjadi tradisi karena digelar tiap tahun.

Menurut seorang jubir suhu air lebih dingin dibandingkan tahun lalu. Air terasa 0 derajat, sementara suhu air laut sekitar 7 derajat.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s