Partai Anti Islam Belanda PVV Menerima Dana dari Yahudi-Amerika

Logo PVV (Partij voor de Vrijheid) ©PVV

Logo PVV (Partij voor de Vrijheid)
©PVV

Partai anti Islam Belanda PVV ( Partij voor de Vrijheid) ternyata sejak lam menerima dana dari publisis Yahudi-Amerika dan kritikus Islam David Horowitz. Tapi untuk tahun-tahun belakangan jumlahnya tidak jelas.

Soalnya jumlah dana yang dilaporkan Horowitz tidak sesuai dengan laporan tahunan PVV pimpinan Wilders tersebut.

Sejak tahun 2013 ada aturan yang mewajibkan partai-partai politik Belanda  untuk melaporkan hibah yang diterima dari luar negeri kepada Kementerian Dalam Negeri. Kalau tidak jelas, partai terkait bisa didenda.

Hibah mulai dari 1000 euro harus diregistrasi. Dari 4500 euro ke atas harus diumumkan.

Pada 2015 David Horowitz Freedom Center menyumbang kepada PVV 108.224 euro. Ini merupakan jumlah terbesar yang diterima partai politik Belanda tahun itu. Pada 2014 Horowitz menyumbang 18.000 lewat Stichting Vrienden PVV (Yayasan Teman PVV). Jumlah total pada dua tahun itu adalah 126.224 euro.

Tapi menurut catatan administrasi Horowitz jumlahnya berbeda. 75.000 dolar pada 2014 dan 75.000 dolar pada 2015. 150.000 dolar itu sesuai dengan nilai dolar saat itu sama dengan 126.224 euro.

Untuk tahun ini, 25.000 dolar dikabarkan sudah ditransfer lagi ke rekening partainya Wilders. Namun demikian belum ada laporan resmi.

Horowitz tidak bisa menjelaskan perbedaan itu. Sepertinya PVV pada 2014 melaporkan jumlah dana yang lebih rendah dari data Kemendagri Belanda dan pada 2015 laporannya terlalu tinggi.

Angka-angka itu sudah dietujui oleh akuntan. Kemendagri Belanda mengkonfimasi kepada media online Belanda NU.nl. bahwa hibah pada akhir tahun 2014 sudah diterima dan untuk 2015 sudah dicatat dan dilaporkan ke Kemendagri.

Sumber: NU.nl

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s