Kesalahan Prosedur Dalam Proses Sperma Bayi Tabung

UMC Heiderberglaan Utrecht ©Antoine.01

UMC Heiderberglaan Utrecht
©Antoine.01

Rumah Sakit Universitas atau  Het Universitair Medisch Centrum (UMC) di Utrecht, Belanda Tengah, akan  menyelidiki kasus “kesalahan prosedur” pada Perawatan ICSI di lima laboratorium bayi tabung IVF. Kemungkinan ada kesalahan penggunaan sperma saat dilakukan pembuahan telur bagi 26 perempuan.  Jadi ada kemungkinan di antara perempuan hamil dari  sperma laki-laki lain.

Menurut UMC Utrecht, kemungkinan itu kecil, tapi kemungkinannya tidak tertutup.

Sementara itu separoh dari perempuan yang terlibat sudah hamil dan malah ada yang sudah melahirkan. Rumah sakit terkait sudah melapor ke Inspeksi Pelayanan Kesehatan dan sudah memberitahu pasangan yang terlibat. Sementara itu sudah dijadwalkan untuk berbicara dengan pasangan-pasangan terlibat dan akan dilihat langkah-langkah apa yang mungkin akan diambil.

Cara perawatan ini terdiri dari penyuntikan sperma laki-laki di ovum perempuan. Ternyata di laboratorium terjadi penyimpangan prosedur dan salah pakai instrumen. Di instrumen tersebut kemungkinan masih terdapat sisa sperma dari laki-laki lain.

Seorang petugas laboratorium menemukan kasus ini saat ia mau menyuntikan sperma dan ternyata sudah ada sel sperma. Setelah itu langsung menghentikan kegiatan ini.

UMC Utrecht akan menyelidiki kenapa terjadi penyimpangan prosedur.

Di laboratorium IVF juga ada embryo yang dibekukan. Dalam hal ini ada juga kemungkinan kesalahaan penggunaan sel sperma.

Sementara itu UMC Utrecht membatasi kegiatan agar prosedurnya bisa lebih baik diikuti. Yang dilanjutkan hanya kegiatan-kegiatan yang kredibilitasnya bisa dijamin.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s