Kejaksaan Naik Banding Dalam Perkara Wilders

Geert Wilders, pemimpin PVV ©©Rijksoverheid/Phil Nijhuis

Geert Wilders, pemimpin PVV
©©Rijksoverheid/Phil Nijhuis

Kejaksaan Belanda menyatakan akan naik banding terhadap vonis hakim dalam kasus politisi anti Islam Geert Wilders.

Salah satu alasan naik banding adalah karena politisi PVV itu divonis bebas secara sebagian. Hakim membebaskan Wilders dari tuduhan menyulut kebencian sehubungan dengan ucapannya pada 19 Maret 2014.

Alasan lagi karena anggota parlemen ini juga divonis bebas berkaitan dengan ucapannya di pasar Den Haag pada 12 Maret. Di sana Wilders mengucapkan kata-kata berikut: Dijadikan Den Haag kota yang lebih nyaman dan untuk itu jika perlu kurang jumlah orang Maroko.”

Awal Desember lalu pengadilan memutus kasus Wilders dalam proses yang banyak disorot itu. Menurut hakim Wilders bersalah dalam soal menyulut diskriminasi dan menghina kelompok karena ia mengatakan “orang Maroko harus dikurangi”. Tapi hakim tidak mengganggap Wilders bersalah dalam soal menyulut kebencian. Kejaksaan pada sidang itu menuntut denda 5000 euro, tapi pengadilan memutuskan untuk tidak menjatuhkan hukuman.

“Wilders sudah naik banding. Kami juga,” kata jubir Kejaksaan Jumat 23 Desember 2016. “Kejaksaan berpendapat, pengadilan tinggi perlu menilai vonis hakim.”

Melalui twitter Wilders menyatakan, Kejaksaan dan Perdana Menteri Rutte tidak akan berhasil “membungkam jutaan orang. Rakyat Belanda akan memvonis bebas saya pada pemilu tanggal 15 Maret nanti.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s