Turki Memanggil Pulang Ketua Diyanet di Belanda

Logo Diyanet Belanda ©www.diyanet. nl

Logo Diyanet Belanda
©www.diyanet. nl

Turki memanggil pulang Ketua Diyanet, Federasi Mesjid Turki di Belanda. Yusuf Acar dituduh mengirimkan nama-nama dan data pengikut Gülen kepada pemerintah Turki. Demikian diumumkan Menlu Belanda, Bert Koenders Rabu 21 Desember 2016.

Gülen adalah rival Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang menuduhnya menjadi dalang kudeta gagal di musim panas lalu.

Minggu lalu Koenders memanggil Perwakilan Pemerintah Turki datang ke kantornya untuk melakukan pembicaraan. Dari pembicaraan itu pemerintah Belanda menyimpulkan telah terjadi pelanggaran sehingga harus diambil tindakan.

Pemerintah Belanda menyatakan telah terjadi tindakan mencampuri kehidupan warga Belanda. Para pengikut Gülen kebanyakan terdiri dari warga Turki yang sudah menjadi warga negara Belanda.

Selain itu Koenders mengatakan ucapan Acar mengenai partai Kristen Demokrat CDA juga tidak bisa diterima sama sekali. Acar pernah mengatakan bahwa CDA merupakan sarang pengikut Gülen. Ketua CDA, Sybrand Buma, berang dan mendesak pemerintah Belanda untuk mengusir Acar.

Setelah terjadi konsultasi dengan pemerintah Turki, maka pemerintah Turki memutuskan untuk memanggil pulang Acar. Dan sementara itu pemimpin Diyanet ini sudah meninggalkan Belanda.

Sebagai ketua Diyanet Acar memiliki status diplomatik dan berkantor di Kedutaan Turki.

“Kan tidak bisa kalau pemerintah Belanda kembali akan memberi status diplomatik kepada seseorang yang ditugaskan oleh pemerintah Turki untuk mengurus masalah agama di Belanda,” kata Buma.

Menlu Belanda Koenders mengatakan, ini setidaknya merupakan pencampuradukan politik dan agama.

Diyanet sendiri berjanji akan melakukan penyelidikan internal terhadap kasus ini. Diyanet adalah badan pemerintah Turki yang antara lain tugasnya menyelenggarakan pendidikan imam dan mengirim mereka ke masjid-masjid Turki di Belanda.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s