Percari Suaka Boleh Menunggu Keputusan Hakim Banding di Belanda

Logo Raad van State ©Edo Dijkgraaf

Logo Raad van State
©Edo Dijkgraaf

Pencari suaka yang naik banding boleh menunggu keputusan hakim di Belanda. Ini berdasarkan keputusan Dewan Pertimbangan Agung Belanda, Raad van Sate, Selasa 20 Desember. Selama ini pencara suaka harus menunggu keputusan tersebut di luar Belanda. Dengan demikian hakim Raad van State tersebut menguatkan keputusan Mahkamah Agung Hak Asasi Manusia Eropa atau het Europees Hof voor de Rechten van de Mens (EHRM) 5 Juli lalu.

Menurut keputusan hakim tersebut, pencari suaka juga bisa mengadu di Mahkamah Agung Eropa  tanpa perlu naik banding dulu di Raad van State. Dengan demikian muncul risiko, Raad van State tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, karena sebagai hakim tertinggi PTUN Belanda sepertinya dilangkahi.

Berarti Raad van State sekarang akan lebih banyak menentukan bahwa orang asing tidak akan diusir sebelum ada keputusan naik banding. Juga walaupun belum dipastikan tanggal berapa orang asing terkait akan dideportasi.

Organisasi pembela pengungsi, Vluchtelingenwerk Nederland, menyatakan, dengan keputusan Raad van State ini maka pencari suaka terutama lebih cepat mengetahui apakah ia bisa menunggu keputusan naik bandingnya di Belanda atau tidak. Selama ini, mereka baru tahu hal itu apabila sudah ada tanggal pengusiran yang kongret.

“Keputusan ini tidak berarti bahwa pencari suka bisa menetap di Belanda. Naik banding tidak berarti otomatis boleh menetap di Belanda, “ kata Martijn van der Linden dari Vluchtelingenwerk. “Permohonan penundaan deportasi masih harus lebih dahulu dipelajari. Kalau ternyata ada kemungkin besar untuk menetap di Belanda, si pencari suaka boleh menunggu keputusan naik bandingnya di Belanda.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s