Belanda Akan Mendirikan Pendidikan Imam

Rasit Bal dari CMO ©nieuwsuur

Rasit Bal dari CMO
©nieuwsuur

Di Belanda akan ada Pendidikan Imam Belanda resmi. Pendidikan ini akan diselenggarakan oleh Vrije Universiteit (VU) Amsterdam bekerjasama dengan gabungan organisasi mesjid CMO. Hal tersebut diumumkan Selasa kemarin.

Wim Janse, guru besar theologi dari VU mengatakan, dalam pertemuan hari Selasa itu pihak VU dan CMO telah membicarakan satus dan fungsi imam di Belanda. “Juga dibicarakan tentang keinginan untuk mencapai dukungan luas untuk mengembangkan tawaran pendidikan Islam secara struktural,” tandas guru besar ini.

Pendidikan ini bisa diikuti oleh orang-orang yang sudah menjadi imam dan calon imam.

“Pertama-tama pendidikan ini ditujukan kepada para imam yang sudah ada,” kata Rasit Bal dari CMO. Tujuannya menurut Rasit Bal, adalah untuk membekali mereka dengan pengetahuan tentang Belanda. Targetnya adalah berdirikan pendidikan imam resmi di Belanda.

Sepuluh tahun lalu pemerintah Belanda sudah mendesak agar didirikan pendidikan imam Belanda yang resmi. Tapi keinginan ini tidak terwujud, karena tidak mendapat dukungan luas dari organisasi Islam di Belanda. Waktu itu mereka menilai pendidikan imam itu sepertinya dipaksakan dari atas.

Wim Janse mengetahui hal itu dan berharap agar rencana kali ini berhasil. Pendidikan direncanakan akan diawali pada September tahun 2017.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s