Menlu Koeders Capai Kesepakatan Pengungsi Dengan Mali

Menlu Belanda, Bert Koenders ©rijksoverheid.nl

Menlu Belanda, Bert Koenders
©rijksoverheid.nl

Menlu Belanda, Bert Koenders, berhasil mencapai kesepakatan tentang pengembalian migran asal Mali dari Eropa.  Persetujuan yang dicapai di Mali ini bertujuan untuk mempercepat proses pengembalian warga Mali  yang sudah ditolak permohonan suakanya di negara-negara Eropa.

Koenders mencapai kesepakatan tersebut atas nama Uni Eropa.

Menurut Koenders, ini adalah yang kali pertama Uni Eropa mencapai kesepakatan di bidang ini dengan negara Afrika.

“Ini hanya bisa tercapai berdasarkan kepercayaan dan respek. Perjanjian ini sangat diperlukan. Karena hanya dengan cara ini kita bisa menyelesaikan masalah migrasi dari akarnya,” katanya seusai berunding di ibu kota Bamako.

Yang disepakati bukan hanya soal pengembalian pengungsi, tapi juga tentang proyek untuk mencegah warga Mali menjadi korban penyelundup manusia. Selain itu juga ada proyek lowongan kerja untuk membuat terutama remaja tetap tinggal di Mali. Menurutnya, remaja Mali bisa ikut membangun masa depan negeri. “Kita harus mencegah agar mereka tidak meninggal atau menjadi korban penyelundup manusia di tengah jalan menuju Afrika Utara atau ke Eropa .”

Uni Eropa juga membantu Mali meningkatkan kualitas dinas keamanan dan meningkatkan kerjsama dengan negara-negara tetangganya untuk memerangi penyelundupan manusia dan memperbaiki pengawasan perbatasan.

Selain itu juga disepakati untuk mengirim PNS Mali ke Eropa untuk membantu mengidentifikasi migran Mali dan jika perlu memberi dokumen yang diperlukan untuk pulang ke tanah air.

Persetujuan yang dicapai Koenders Ahad 11 Desember itu akan dibicarakan di rapat dengan para sejawatnya dari Uni Eropa di Brussel Senin 12 Desember.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s