Dijsselbloem: Sektor Perbankan Penyebab Menguatnya Populisme

Menteri keuangan Belanda Dijsselbloem © commons wikimedia

Menteri keuangan Belanda Dijsselbloem
© commons wikimedia

Menteri Keuangan Belanda, Jeroen Dijsselbloem, mengatakan, isntabilitas sektor keuangan merupakan penggerak populisme di Eropa. “Terutama sektor perbankan,” katanya kepada Het Financieele Dagblad (FD), Harian Finansial Sabtu.

Sektor perbankan, menurut menteri dari Partai Buruh PvdA ini, merupakan penyebab krisis, sehingga pemerintah terpaksa melakukan penghematan misalnya di sektor pelayanan para lansia. Penghematan ini membuat makin banyak masyarakat memilih partai populis seperti PVV di Belanda. Karena partai ini sangat menentang penghematan. Menurut Dijsselbloem gejala yang sama juga terjadi di negara-negara Eropa lain yakni makin banyaknya dukungan terhadap partai populis.

Dijsselbloem mengaku ia pernah turun tangan dan membicarakan soal populisme ini dengan para bankir dan CEO. Tapi mereka menganggap soal populisme itu adalah urusan politisi, bukan bankir. Namun Dijsselbloem berpendapat, kalau mau meraih kecpercayaan masyarakat, kita  harus mengambil sikap yang jelas.

Menteri yang beraliran kiri ini tidak berkebearaan kalau ia dituduh sebagai seorang aktivis. “Saya berpendapat wajar kalau saya turun tangan.”

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s