Wilders Dianggap Bersalah Tapi Tidak Dihukum

Geert Wilders, pemimpin PVV ©©Rijksoverheid/Phil Nijhuis

Geert Wilders, pemimpin PVV
©©Rijksoverheid/Phil Nijhuis

Geert Wilders, politisi anti Islam Belanda, divonis hakim bersalah mendorong diskriminasi, tapi tidak dianggap bersalah menyulut kebencian. “Wilders dan pengikutnya telah melakukan penghinaan terhadap kelompok,” kata hakim. Meski menyatakan pemimpin partai populis PVV itu bersalah, tapi hakim tidak menjatuhkan hukuman.

Sebagai reaksi Geert Wilders mengatakan vonis ini tidak akan menghalanginya untuk tetap mengatakan apa yang mau dikatakannya seperti selama ini. Melalui pesan video ia mengatakan, Belanda sudah menjadi negara yang sakit. Kepada hakim ia mengatakan: “Anda telah menvonis saya dan jutaan warga Belanda.” Yang dimaksudnya dengan  jutaan warga Belanda di sini adalah para elektorat yang memilihnya.

Farid Azarkan dari Kerjasama Warga Belanda asal Maroko  Samenwerkingsverband Marokkaanse Nederlanders SMN, merasa puas atas vonis ini. Menurut dia, ini menunjukkan bahwa orang tidak boleh sembarangan ngomong. Ia tidak berkeberatan keputusan hakim yang tindak menjatuhkan hukuman kepada Wilders. ”Tidak apa-apa. Yang penting ia sudah dinyatakan bersalah,” katanya di acara televisi EenVandaag.

Pada pidato kemenangan saat pemilihan lokal di tahun 2014 Wilders menanyakan kepada pengikutnya: Apakah yang kalian mau? Mengurangi jumlah orang Maroko di Belanda atau menambah? Lalu publik berteriak ramai-ramai: Minder, minder, minder! Yang dapat diartikan secara bebas: Kurangi, kurangi, kurangi!

Setelah itu SMN mengumpulkan tanda tangan sekitar 6500 orang untuk menggugat Wilders ke pengadilan.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s