Parlemen Belanda Ingin Mencabut Subsidi Pembakaran Biomassa

Suasana rapat pleno Parlemen Belanda ©commons.wikimedia.org/overheid

Suasana rapat pleno Parlemen Belanda
©commons.wikimedia.org/overheid

Parlemen Belanda, de Tweede Kamer, ingin menghapus subsidi untuk pembakaran biomassa di Pembangkit Lisrik Tenaga Uap (PLTU).  Mayoritas tipis anggota Parlemn mendukung usulan anggota parlemen dari Partai Buruh PvdA, Jan Vos tersebut.

Pemerintah Belanda memang mensubsidi energi yang berkesinambungan. PLTU Batubara yang melakukan pembakaran biomassa berhak mendapat subsidi ini. Partai-partai tersebut ingin menghentikan subsidi ini. Menurut mereka, beaya bahan bakar untuk biomassa di tahun-tahun mendatang akan naik, sementara harga pokok energi angin dan surya justru turun.

Usulan Vos tersebut didukung oleh Partai Demokrat D66, Partai Kiri Hijau GroenLinks, Partai Sosialis SP dan Partai Kristen ChristenUnie.

Menteri ekonomi Henk Kamp terkejut mendengar usulan ini. “Ini teka-teka bagi saya,” katanya. “Kalau subsidi ditarik, maka tujuan persetujuan energi tidak akan tercapai,” katanya. Persetujuan energi tersebut menargetkan agar pada tahun 2020, 14 persen energi di Belanda harus diproduksi secara ramah lingkungan. Menurut menteri Kamp, tujuan ini tidak akan terwujud kalau usul Parlemen itu dilaksanakan.

Menteri Kamp tidak setuju dengan pendapat Vos yang mengatakan, bahwa pembakaran biomassa tidak termasuk energi ramah lingkungan. “Mana yang ramah lingkungan mana yang tidak, itu tercantum di arahan Uni Eropa. Jadi bukan saya yang membikinnya,” tandas menteri Kamp.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s