Mayoritas Anggota Parlemen Menentang Larangan Bantuan Dana Luar Negeri

Kuzu (kiri) dan Öztürk ©commons.wikimedia. org

Kuzu (kiri) dan Öztürk
©commons.wikimedia. org

Mayoritas anggota Parlemen Belanda, de Tweede Kamer, menentang usul fraksi Partai Denk untuk melarang partai-partai Belanda menerima dana dari luar negeri.

Partai Liberal Konservatif VVD, Partai Kristen CDA, Partai Populis PVV, Partai Kristen ChristenUni dan SGP serta Partai VNL menentang  usulan untuk melarang arus dana dari luar negeri tersebut.

Partai Denk, yang arti harfiahnya berpikir, yang fraksinya terdiri dari dua orang warga Belanda asal Turki itu, mengusulkan pelarangan tersebut untuk mencegah agar gerakan atau adikuasa dari luar tidak bisa mempengaruhi partai politik Belanda melalui dana yang diberikan. VVD dan CDA menilai larangan tersebut tidak bakal mencapai sasaran yang dituju.

Menurut mereka dengan larangan yang bersifat absolut itu, maka Warga Negara Belanda yang tinggal di luar negeri tidak bisa lagi menyumbang dana untuk partai-partai di Belanda. Partai Buruh PvdA dan Partai Demokrat D66, yang juga memiliki cabang istimewa di luar negeri, juga tidak setuju dengan usulan Denk.

Pemimpin fraksi Denk, Tunahan Kuzu, murka. Menurut dia, sumbangan dari warga Belanda di luar negeri tidak banyak.

Kuzu menuding partai-partai yang menentang usul mereka itu, ingin menjelekkan dan meragukan loyalitas dirinya dan sejawatnya  Selcuk Öztürk. Dua anggota Parlemen yang berasal dari Turki itu justru dituduh berloyalitas ganda dan dipengaruhi oleh Turki.

“Aneh kok mereka tidak setuju dengan mosi kami untuk melarang bantuan dan dari luar negeri,” kata Kuzu. “Andaikan larangan itu terhadap dana dari Turki atau negara-negara Islam lain, pasti mereka mendukung.”

VVD menyangkal tuduhan Kuzu. Pemimpin Fraksi VVD di Parlemen, Zijlstra,  mengatakan, anggota partai Belanda yang tinggal di Turki kan boleh menyumbang dana untuk partainya di Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mayoritas Anggota Parlemen Menentang Larangan Bantuan Dana Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s