Rutte Mengimbau Untuk Menyelamatkan Uni Eropa

Perdana Menteri Mark Rutte ©commons.wikimedia.org

Perdana Menteri Mark Rutte
©commons.wikimedia.org

Perdana menteri Belanda Mark Rutte memperingatkan, Uni Eropa bisa bubar kalau keresahan rakyat dari negara-negara anggota tidak didengar. Demikian disampaikannya pada konfres ALDE, Fraksi Liberal di Parlemen Eropa.

Perdana menteri dari partai liberal konservatif VVD ini mengatakan masalah ekonomi dan migrasi harus diatasi. “Saya yakin kalau kita tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi penduduk Eropa, Eropa akan mendekati kehancuran,“ katanya di kongres yang digelar di Warsawa itu.

Rutte menyatakan, ia tidak spendapat dengan partai demokrat D66 yang juga bergabung dalam fraksi liberal di Parlemen Eropa. “Visi kita berbeda tentang masa depan Eropa,“ katanya.

Di bidang ekonomi, negara-negara anggota harus merapikan tatabukunya dan semua orang harus mematuhi aturan yang sama. Keprihatinan warga mengenai migrasi juga harus ditanggapi dengan serius.

Kalau itu tidak terjadi, tandas Rutte, maka ini menguntungkan para politisi eksrem. Ia menilai, para politisi ekstrem itu tidak bertanggung jawab. “Ini kita alami di Belanda. Kita lihat di Inggris. Dan ini akan muncul lagi di negara-negara lain.” Politisi eksrem dikenal sebagai politis anti Uni Eropa.

Dia menekankan pula agar jangan menambah anggota Uni Eropa. “Kalau kita cinta Eropa, maka berhentilah mengimpikan penambahan anggota.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s