Pilot KLM Siap-Siap untuk Mogok

Pesawat KILM di bandara Schiphol ©flickr.com/Caribb

Pesawat KILM di bandara Schiphol
©flickr.com/Caribb

Asosiasi Pilot Belanda atau De Vereniging Nederlandse Verkeersvliegers (VNV) akan membentuk tim yang akan mempersiapkan aksi pemogokan pilot KLM.

Perkaranya Serikat Pilot itu dan maskapai penerbangan Belanda tersebut, setelah berunding berbulan-bulan tidak berhasil mencapai kesepakatan tentang pensiun pilot.

Rabu sore kemarin tenggang waktu yang diberikan VNV berakhir. KLM memang menawarkan usulan solusi tapi menurut VNV tidak ada hal baru yang ditawarkan.

Kegagalan dua pihak untuk menemukan alternatif dirasakan oleh VNV sebagai suatu hal yang tidak wajar. Akhirnya VNV menyimpulkan, negosiasi sudah mandeg.

Namun VNV menekankan, dibentuknya tim tersebut bukan berarti serta merta akan terjadi pemogokan, tapi kemungkinan untuk itu ada.

“Kami sangat menyayangkan terpaksa mengambil langkah ini setelah sempat 21 tahun tanpa konflik buruh,” kata ketua VNV Steven Verhagen. “Kami berharap aksi masih bisa dicegah,” katanya. Namun ia menambahkan itu tergantung sikap direksi KLM. “Bola ada di tangan Direksi KLM.”

VNV tidak sependapat karena KLM mencabut perjanjian pensiun terhitung 1 Desember. Tindakan ini diambil KLM karena berbagai upaya untuk mencapai kesepakatan yang baru, gagal juga.

Kesepakatan itu semestinya antara lain berisi jaminan indeksasi pesiun pilot. Pensiun ikut naik dengan naiknya inflasi. Ini berarti KLM harus menambah ratusan juta premi di dana pension. Menurut KLM, hal ini bisa membahayakan jalannya perusahaan.

Akhir September VNV kalah dalam perkara naik banding soal kesepakatan pensiun. Hakim memutuskan, KLM tidak perlu memenuhi kesepakatan pensun yang ditandatangani pada 2007 itu. Dan KLM pun membatalkan kesepakatan tersebut.

Saat itu VNV menyatakan akan memikirkan langkah hukum yang akan diambil.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s