Belanda Dianjurkan Hentikan Adopsi Anak dari Luar

Diskusi anak angkat di De Bali, Amsterdam ©vimeo.com

Diskusi anak angkat di De Bali, Amsterdam
©vimeo.com

Dewan Implementasi Pidana dan Perlindungan Anak atau de Raad voor Strafrechtstoepassing en Jeugdbescherming (RSJ) menganjurkan untuk menghentikan kegiatan mengadopsi anak dari luar negeri. Advis tersebut disampaikan RSJ kepada kabinet Belanda, Rabu 2 Nopember 2016.

Langkah pertama adalah untuk menghentikan kegiatan adopsi anak dari Cina, Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa.

Alasan RSJ adalah untuk mengutamakan hak anak untuk dibesarkan di keluarga di negara asal. Sebelumnya pemerintah Belanda meminta Dewan tersebut untuk menyelidiki cara untuk memperbaiki proses adopsi anak.

Proses adopsi selama ini memang banyak dikritik. Menurut RSJ dalam proses adopsi anak internasional sudah muncul “pasar yang didasari permintaan”, sehingga  kepentingan anak tidak lagi menjadi prioritas. Dan banyak pihak, baik di Belanda maupun di luar negeri meraup keuntungan.

RSJ menyatakan, adopsi memang banyak menguntungkan anak terkait. Tapi RSJ juga menilai banyak risiko melekat pada sistem adopsi yang tidak bisa diatasi.

RSJ menegaskan, pihaknya tidak menyalahkan orang tua angkat dan biro adopsi yang mempunyai izin.

Lima biro adopsi Belanda yang mempunyai izin dalam sebuah pernyataan bersama memberi tahu, pihaknya memerlukan waktu untuk menanggapi advis ini.

Pemerintah Belanda berharap tahun depan bisa menanggapi advis RSJ ini. Demikian dinyatakan menteri muda Kehakiman dan Keamanan Klaas Dijkhoff.

Fraksi-fraksi di Parlemen berbeda pendapat. Ada yang mendukung larangan adopsi anak dari luar negeri, tapi ada yang pula yang masih perlu waktu untuk berpikir.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s