Pahlawan Indonesia dijadikan nama jalan di Belanda

Jalan Mohammed Hatta

Jalan Mohammed Hatta

Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ini redaktur beritabelanda.com mengenang tiga tokoh perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di negeri Belanda.

Mungkin aneh bagi kalangan tertentu tapi ini adalah kenyataan di negeri bekas penjajah Indonesia ini. Di negeri kincir angin ini,  para pahlawan RI dihormati. Di kota Haarlem, Belanda Utara, ada suatu kawasan yang di antara nama jalannya adalah Mohammed Hattastraat (Jalan Mohammed Hatta) Sutan Sjahrirstraat ( Jalan Sutan Sjahrir) dan Kartinistraat ( Jalan Kartini).

Di bawah Kartinistraat ditulis Indonesische feminist yang artinya  feminis dari Indonesia. Sementara Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir, seperti kita ketahui sjahriradalah tokoh pemuda Indonesia yang pernah tinggal dan belajar di Belanda, merupakan pelopor perjuangan kemerdekaan pada tahun 30-an abad lalu.

Baik Mohammed Hatta yang kemudian kita kenal sebagai proklamator dan Sutan Sjahrir yang kemudian menjadi Perdana Menteri pertama Republik Indonesia, adalah pemuda yang aktif di Perhimpunan Indonesia (PI), yang saat itu aktif memperjuangkan kemerdekaan RI.

kartiniEntah ironis atau tidak, tokoh-tokoh Indonesia yang menentang penjajahan Belanda ini justru di bekas negara penjajah diberi penghargaan dengan menjadikan nama mereka nama jalan. Nama jalan di Belanda biasanya ditempel di dinding rumah pertama jalan tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s