Rusia menyerahkan paket informasi MH17 kepada Belanda

Rudal Buk ©en.wikipedia.org

Rudal Buk
©en.wikipedia.org

Kejaksaan Rusia telah menyerahkan paket informasi tentang kasus penembakan jatuh pesawat MH17 kepada Kedubes Belanda di Moskwa. Demikian diumumkan Menteri Keamanan dan Kehakiman Belanda, Ard van der Steur, dalam perdebatan di Parlemen Belanda De Tweede Kamer Rabu 26 Oktober kemarin.

Belum jelas informasi apa yang dikandung dalam paket tersebut. Informasi baru akan dipelajari setelah paket itu diserahkan kepada Tim Investigasi Bersama atau Joint Investigation Team (JIT). Tim ini bertanggung atas penyidikan kasus jatuhnya pesawat Malaysia di Ukraini Timur ini.

Juga tidak jelas apakah Rusia sudah menyerahkan gambar-gambar radar sehubungan dengan bencana tersebut.

Penyelidikan JIT menunjukkan bahwa penerbangan MH17 ditembah jatuh pada 17 Juli 2014 dengan rudal Buk yang berasal dari Rusia.

JIT yakin rudal tersebut ditembakkan dari kawasan Ukraina Timur yang dikuasai pemberontak pro Rusia. Kesimpulan ini diambil para peneliti antara lain berdasarkan gambar satelit Amerika Serikat.

Namun Rusia tidak sependapat dengan hasil penyelidikan JIT. Dua hari sebelum hasil penyidikan JIT diumumkan, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, bahwa pihaknya memliki gambar-gambar radar.

Selain menilai bahwa hasil penyelidikan JIT tidak objektif, Rusia juga berpendapat bahwa data-data radar mereka menunjukkan bahwa pihak pemberontak Ukraina Timur tidak bersalah. Menurut Rusia, Ukrainalah yang bertanggung jawab atas bencana ini.

Tidak jelas di mana radar Rusia yang membuat gambar-gambar tersebut berada di saat itu. Juga tidak jelas kenapa data-data itu baru muncul sekarang.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s