Belanda menyiapkan pengadilan pelaku penembakan pesawat MH17

© www.flickr.comPemerintah Belanda bersiap-siap untuk kemungkinan pengadilan pelaku penembakan pesawat MH17 akan digelar di Belanda. Demikian tertulis di surat Menteri Kehakiman Ard van der Steur kepada parlemen.

Belanda akan memikirkan cara pengadilan tersebut bersama dengan negara-negara yang merupakan bagian dari Tim JIT, yang melakukan penyidikan bencana penerbangan tersebut. Meski Rusia berhasil memblokade kemungkinan digelarnya Tribunal PBB dengan memveto di DK PBB, tapi masih banyak kemungkinan.

“Statuta tribunal untuk pengadilan internasional sebagian besar sudah dijabarkan”, tulis Van der Steur.  “Tapi Belanda juga melihat kemungkinan untuk menggelar proses peradilan nasional di Belanda. ”

Jadi Belanda akan berunding dengan Ukraina tentang penyerahan tugas untuk melakukan pengadilan dan ekstradisi para tersangka.

Begitu Tim JIT mempersembahkan hasil penyelidikannya, prosedur pengadilan pelaku segera dimulai. Tim JIT terdiri dari negara-negara yang juga berkaitan dengan bencana pesawat MH17 seperti Australia, Belgia, Ukraina dan Malaysia.

Tim penyelidikan saat ini memiliki daftar sekitar seratus orang yang diduga sedikit banyak terlilbat dalam kasus penembakan pesawat Malaysia tersebut di atas Ukraina.

Kedepan ini penyelidikan akan difokuskan pada perumusan peranan orang-orang ini dalam bencana tersebut dan melihat apakah mereka bisa dianggap bertanggung jawab.

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s