PPME Al Ikhlash Merayakan Hari Santri Nasional

©PPME Al Ikhlash

©PPME Al Ikhlash

Untuk memanfaatkan hari-hari libur musim gugur di Belanda, Bidang pendidikan Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa PPME Al Ikhlash Amsterdam menggelar Pesantren Kilat. Demikian ditegaskan Fikri yang bertindak sebagai panitia penyelenggara kepada Radio SKS dan beritabelanda.com Sabtu 22 Oktober.

Pesantren Kilat itu diselenggaran mulai hari Kamis tanggal 20 Oktober sampai dengan Sabtu tanggal 22 Oktober. Sebenarnya bukanlah kebetulan kegiatan ini digelar sampai tanggal 22 Okotber. Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo menendeklarasikan tanggal 22 Oktober itu sebagai Hari Santri Nasional.

“Oleh karena itu sekalian kita membuat program itu juga dalam rangka untuk memperingati Hari Santri Nasioal,” tandas Fikri.

Para peserta Pesantren Kilat ini sebanyak 23 orang. Mereka terdiri dari santri-santri madrasah Al Ikhlash dan anak-anak dari anggota PPME AI Ikhlash. Dengan membayar kontribusi 30 euro mereka mengikuti kegiatan intensif yang pada hari-hari tentu dimulai dini hari  dengan sholat tahajud bersama. Kegiatan berlangsung sampai jam setengah 10 malam.

Selain materi keagamaan seperti belajar membaca al Quran, fiqih ada juga materi “Menulis Surat Kepada Orang Tua dan refreshing seperti game/outbond.

Pesantren Kilat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas anak-anak PPME ini dibimbing oleh berbagai ustad yang mumpuni. Mereka adalah para “santri” yang tengah mengikuti pendidikan di Vrije Universiteit, Amterdam.

Fikri juga menandaskan, tujuan Pesanteren Kilat ini adalah untuk “meningkatkan kualitas anak-anak didik PPME Al Ikhlash”.

Pada hari terakhir acara didatangi oleh tamu-tamu istimewa dari Indonesia yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranonwo dan Walikota Bandung, Ridwal Kamil. Mereka kebetulan berada Belanda terutama untuk menjadi pembicara utama di Mata Najwa.  Juga hadir pada hari terakhir Pesantren Kilat di gedung milik PPME di Jan Van Gentstraat 140, Badhoevedorp itu Dubes Luar Buasa untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja bersama beberapa diplomat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag.

 

 

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s