Mantan Jihadis Belanda mengakui paham ISIS sesat

©flickr.com/PROKAZ Vorpal

©flickr.com/PROKAZ Vorpal

Ada warga Belanda yang termasuk ditahan di kamp pemberontak Suriah. Kamp ini menampung pembelot dan tahanan perang ISIS yang mengikuti program rehabilitasi. Keluarga mantan pengikut ISIS juga ikut ditampung di sana. Demikian diberitakan berbagai media Belanda berdasarkan laporan BBC.

Menurut komandan kamp, Mohammad al-Ghabi, ada sekitar tiga ratus mantan pengikut ISIS ditampung di kamp yang terletak di utara Provinsi Idlib.

“Kami berupaya merehabilitasi mereka dan mengubah suasana hati mereka,”kata al-Ghabi yang juga komandan Jaysh al –Tahrir ( Tentara Pembebasan) itu.

Orang-orang yang mau pulang ke tanah air masing-masing oleh pemberontak diupayakan untuk dihubungkan dengan kedutaan mereka, tambah al-Ghabi.

Salah seorang pejuang ISIS yang berada di kamp tersebut adalah Abu Sumail al-Holland. Ia bertolak dari Belanda ke Suriah lewat Belgia dan Turki dua tahun lalu. Dalam rekaman video BBC, Abu Sumail antara lain mengatakan bahwa para jihadis dari luar negeri diperlakukan sangat buruk oleh ISIS.

“Saya kira ISIS bukanlah agama yang benar. Mereka membunuh orang semaunya. Saya tidak suka kehidupan di sana (kawasan ISIS, red),” ujar Abu Sumail. “Mereka jahat sama orang. Tidak ada yang boleh pergi dari sana. Orang-orang yang mencoba lari, ditangkap dan dikurung. Lalu mereka bilang: “Kalau kamu mencoba lagi, kami bunuh kamu.”

Sumail mengatakan pula, kalau ia pulang ke Belanda, ia akan menghadapi masalah. Tapi ia menyadari bahwa itu harga yang harus dibayarnya. “Saya harap saya bisa pergi dari sini secepatnya dan bisa hidup normal lagi.”

Jurubicara Koordinator Nasional Pemberantasan Terorisme dan Keamanan atau de Nationaal Coördinator Terrorismebestrijding en Veiligheid (NCTV) mengatakan pihaknya mengetahui berita adanya warga Belanda di sana. “Jihadis yang kembali ke Belanda, langsung akan ditahan dan diadili,” katanya.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s