Diperlukan tindakan konkret untuk mengayomi anak-anak miskin

Anak-anak Belanda yang beruntung bisa ikut jalan-jalan ©flickr.com

Anak-anak Belanda yang beruntung bisa ikut jalan-jalan
©flickr.com

Organisasi pembela hak anak Save the Children dan Defence for Children mengimbau pemerintah Belanda untuk mengambil langkah konkret untuk memberantas kemiskinan di kalangan anak-anak.

Selasa, 11 Oktober dua organisasi tersebut menyampaikan paket rekomendasi penyelamatan anak-anak dari kemiskinan kepada Menteri Muda Urusan Sosial, Jette Klijnsma dan seorang wakil dari Komisi Eropa.

Menurut laporan Biro Pusat Statistik Belanda CBS ada 421000 anak-anak yang tinggal di keluarga Belanda yang berpenghasilan rendah. Ini berarti satu dibanding delapan anak Belanda. 131000 anak dibesarkan di keluarga yang lama sekali berpenghasilan rendah.  Mereka terancam kekurangan pangan dan pakaian serta terkucil dari masyarakat, karena tidak bisa ikut olahraga atau ikut bertamasya bersama sekolah.

Dua organisasi tersebut ingin agar aspirasi anak-anak didengarkan. Pemerintah-pemerintah daerah bertanggung jawab di bidang kebijakan kemiskinan dan wajib melibatkan anak-anak dalam menentukan kebijakan. Dalam prakteknya hanya lima persen pemerintah daerah yang melakukan hal ini. Dalam hal ini malah anak-anak yang bukan dari keluarga miskin yang dimintai pendapatnya.

Dua organisasi ini ingin agar anak-anak di Belanda bisa langsung memohon tunjangan sosial. Sampai sekarang hal itu menurut aturan, tidak bisa.

Anak-anak yang posisinya rentan seperti anak-anak pengungsi, remaja yang  cacad harus lebih dilindungi. Biasanya anak-anak yang dibesarkan di keluarga

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s