Jumlah pengaduan kasus diskriminasi berkurang di Belanda

Simbol kantor polisi Belanda ©nl.m.wikipedia.org

Simbol kantor polisi Belanda
©nl.m.wikipedia.org

Tahun lalu sekitar sepuluh ribu pengaduan diskriminasi tercatat di polisi dan badan anti diskriminasi ADV. Masing-masing menunjukkan pengurangan 4 dan 11 persen dibandingkan tahun 2014.

Di Badan Hak Asasi Manusia (HAM) atau het College voor de Rechten van de Mens ada 422 permohonan  yang masuk untuk diperiksa apakah kemungkinan terjadi diskriminasi. Jumlah ini juga lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Demikian dilaporkan polisi  Belanda Jumat.

Jumlah pengaduan yang masuk di pusat pelaporan diskirminasi nasional lewat internet justru bertambah tahun lalu  yakni hampar 7 persen dan jumlahnya 1585 kasus.

Sama seperti tahun-tahun lalu sekitar separoh pengaduan diskriminasi berkaitan dengan ras dan asal seseorang. Terutama warna kulit memegang peranan. Di dua pusat pelaporan lewat internet jumlah pengaduan tentang diskriminasi sehubungan dengan agama Islam tahun lalu hampir mencapai 472.

Tahun ini untuk kali pertama diterbitkan laporan tahunan tentang diskriminasi secara nasional. Laporan itu memuat catatan-catatan dari kepolisian, ADV dan Badan HAM. Laporan ini memperlihatkan gambaran lengkap mengenai insiden  dan laporan diskriminasi di masyarakat Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s