Tim Rusia menyerahkan data tambahan bencana MH17

Ribuan karangan bunga mengenang korban MH17 ©Roman Boed

Ribuan karangan bunga mengenang korban MH17
©Roman Boed

Tim Penyelidik Rusia akan menyerahkan data radar tentang jatuhnya pesawat MH17 kepada Tim Penyelidik di Belanda. Demikian dikatakan jubir Vladimir Markin kepada Kantor Berita Rusia TASS.

Juru bicara Kejaksaan Belanda belum mau mengomentari pernyataan Markin tersebut.

Sebelumnya Kejaksaan Belanda, yang bertindak sebagai pemimpin penyidikan internasional terhadap tertembaknya pesawat Malaysia di atas Ukraina Selatan itu, meminta Rusia dengan sangat agar memberikan tambahan data radar.

Tim Penyidik di Belanda sudah menerima beberapa data dari Ukraina dan Rusia. Kedua negara telah menyediakan rekaman video layar radar. Tetapi data kasar primer radar tidak tersedia. Rusia tidak menyerahkannya, karena katanya data itu tidak tersedia.  Tiga system Ukraina di kawasan itu saat itu tidak berfungsi.

Akibat jatuhnya penerbangan Malaysia MH17 tersebut, seluruh penumpang tewas. Dari 298 penumpang terdapat 196 warga Belanda. Penerbangan tersebut berangkat dari bandara Schiphol dan ditembakjatuh di Timur Ukraina.

Rabu mendatang Tim Penyelidik Bersama akan mengumumkan bagian pertama hasil penyidikan di kota Niuwegein, Belanda Tengah. Yang akan diumumkan adalah hasil penyelidikan terhadap senjata yang digunakan untuk menembak jatuh pesawat dan lokasi penembakan persis. Penyelidikan tentang pelaku masih berlangsung.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s