Bis tanpa supir sebagai alternatif kendaraan umum

©NOS

©NOS

Bis-bis kecil yang bisa jalan sendiri di kampung Appelscha, Belanda Udara, akan beroperasi lagi minggu depan. Demikian dilaporkan televisi lokal TV Drenthe.

Ujicoba bis ini Rabu (21 September) kemarin sempat dihentikan. Penyebabnya karena para pesepeda merasa terganggu oleh bis-bis yang bisa nyetir sendiri itu. Masalahnya bis-bis itu meluncur di tengah-tengah jalur sepeda, bukan di pinggirnya. Akibatnya pengendara sepeda terpaksa minggir untuk melewatkan bis-bis itu.

Menurut pemkot Oostellingenwerf, kondisi ini bisa mengakibatkan bahaya.

Lalu solusinya adalah dengan mengerahkan petugas yang bertindak sebagai “penerima tamu”. Mulai minggu depan mereka akan berdiri di pinggir jalan dan menjelaskan kepada para pengendara sepeda bagaimana menyikapi bis-bis kayak robot itu. Lalu akan dipasang papan-papan informasi di sepanjang jalur bis. Ujicoba bis-bis tanpa pengemudi ini akan dilanjutkan lagi Senin atau Selasa mendatang.

Bis yang bertenaga listrik ini bisa memuat enam penumpang. Sebenarnya bis ini bukan tanpa awak sama sekali. Karena ternyata juga ada semajam pramugara atau pramugari yang ikut, yang bisa menyetop bis kalau terancam bahaya. “Shuttle” yang mengemudi sendiri ini hanya beroperasi siang hari dan kalau cuaca baik. Maksimum kecepatannya 15 kilometer per jam.

Ini merupakan ujicoba untuk melihat apakah bis yang mengemudi sendiri bisa merupakan solusi bagi kawasan yang jaringan kendaraan umumnya makin tipis di tiga provinsi Belanda di Belanda bagian Utara : Drenthe, Groningen, Friesland.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s