UU Donor Organ Baru Belanda Bikin Heboh

Donorweek atau Minggu Donor 2010 ©flickr.com

Donorweek atau Minggu Donor 2010
©flickr.com

Sejak Parlemen Belanda mengesahkan Undang-Undang Donor Organ yang baru Selasa minggu lalu, sudah 4495 warga menarik izin mereka untuk mendonorkan organnya kalau ia meninggal nanti. Demikian menurut data Kementerian Kesehatan Belanda. Mereka tidak bersedia lagi menyumbangkan organnya, padahal sebelum UU baru disahkan mereka justru bersedia. Ironisnya, UU baru ini justru bertujuan untuk menambah jumlah pendonor organ.

Sejak UU tersebu disetujui anggota Parlemen, diskusi tentang sistem ini makin sengit. Akibatnya banyak warga ingin memastikan bahwa mereka tidak mau menjadi donor. Sejak Selasa minggu lalu, 18.890 orang mendaftarkan diri untuk menyatakan tidak bersedia mendonorkan organnya.

Sebaliknya ada 1626 orang memberi izin. Selain itu 1205 orang yang namanya tercantum di daftar donor (donoregister, red)  mengizinkan donor terbatas. Mereka tidak mau kalau seluruh badannya didonorkan. Di samping itu ada sekelompok warga yang hari-hari belakangan mengubah status “tidak memberikan izin” di daftar donor menjadi “memberi izin. Mereka berjumlah 2644 orang.

Hampir enam juta warga Belanda tercantum namanya di daftar donor. Hampir separoh memberi izin donor. Lebih dari satu setengah juta warga dengan tegas menyatakan tidak bersedia menjadi donor. Hampir satu setengah juta orang menjadi pendonor bersyarat.

Menurut UU Donor yang baru tersebut, tiap warga yang tidak mencantumkan namanya di daftar donor otomatis dianggap bersedia mendonorkan organnya kalau meninggal dunia.

UU Baru masih harus disahkan oleh Majlis Tinggi atau Senat.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s