Silang pendapat tentang pembebasan terpidana seumur hidup

Menteri Muda Kehakiman Klaas Dijkhoff ©Klaas Dijkhoff

Menteri Muda Kehakiman Klaas Dijkhoff
©Klaas Dijkhoff

Di Belanda sudah sejak lama tidak ada lagi hukuman mati, tapi ada hukuman seumur hidup. Belakangan muncul silang pendapat tentang pembebasan terpidana seumur hidup.

Belanda adalah salah satu dari segelintir negara Eropa yang masih mempertahankan hukuman seumur hidup. Menurut teori, Raja bisa memberi grasi, tapi dalam praktek hal ini tidak pernah terjadi.

Tapi ini akan berubah. Kamis malam Parlemen Belanda de Tweede Kamer mendebatkan rencana Menteri Muda Keamanan dan Kehakiman, Klaas Dijkhoff yang ingin membebaskan para terpidana seumur hidup setelah 25 tahun.

Akhir-akhir ini hakim Belanda berhati-hati mengeluarkan vonis hukuman mati. Menurut mereka, hukuman mati bertentangan dengan standar Hak Asasi Manusia (HAM) Eropa.

Makanya Menteri Muda Keamanan dan Kehakiman Dijkhoff ingin mengubah hukuman seumur hidup supaya memenuhi standar HAM Eropa. Setelah dua puluh tahun terpidana bisa mengajukan permohonan rencana reintegrasi. Setelah dilakukan tes psikologis dan konsultasi dengan keluarga, maka Menteri Muda Kehakiman bisa mengambil keputusan. Kalau permohonan dikabulkan dan program reintegrasi berjalan lancar, makan terpidana pada akhirnya bisa dibebaskan.

Namun partai-partai kiri seperti GroenLnks (Kiri Hijau) tidak setuju kalau Menteri Muda yang mengambil keputusan. Mereka ingin agar hal itu diputuskan oleh hakim atau sebuah komisi yang independen.

Partai-partai kiri juga berpendapat, setelah 25 tahun sudah harus bisa ditentukan apakah terpidana dibebaskan atau tidak. Reintegrasi mestinya sudah dimulai sebelum itu.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s