Posisi mayoritas universitas Belanda turun menurut QS

Universitas Tehnik TU Delft ©M.Minderhoud

Universitas Tehnik TU Delft
©M.Minderhoud

Kebanyakan universitas-universitas Belanda turun rangkingnya dalam QS World University Ranking. Hanya Universitas Tehnik Delft (nomor 62), Universitas Wageningen (119) dan Universitas Twente (177) tetap bertahan pada posisi masing-masing.

Universitas Belanda yang paling tinggi rankingnya adalah Universitas van Amterdam (UvA), yang berada di nomor 57. Tapi posisinya dibanding dengan tahun lalu menurun. Tahun lalu universitas dari ibukota Belanda ini berada pada ranking 55.

Universitas Leiden, Utreht dan Groningen menghilang dari top 100. Masing-masing kini berada di posisi 102, 104 dan 113. Antara lain Universitas Erasmus Rotterdam (144), Universitas Tehnik Eindhoven (121) dan Vrije Universiteit Amsterdam (199) tahun ini posisinya menurun.

Namun menurut Universitas Groningen, hasil QS World University Ranking ini “sangat tidak bisa dipercaya”. Penyebabnya karena adanya perubahan cara penyusulan daftar. Selain itu, menurut universitas Gronginen, metodanya “tidak transparan dan bercacat”.

Sekitar sembilan ratus universitas disoroti prestasinya oleh QS World University Ranking antara lain dari segi reputasi akademik, reputasi di mata pihak pemberi kerja dan berapa kali ilmuwan universitas terkait dikutip oleh majalah-majalah bergengsi.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, yang menjadi juara adalah The Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika. Sementara universitas Stanford dan Havard, juga dari Amerika, berada di posisi 2 dan 3.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s