Menlu Turki menuduh Belanda bermoral ganda

Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu ©en.wikipedia.org

Menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu
©en.wikipedia.org

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menyatakan tidak ada pertanda pemerintah Turki terlibat dalam konflik internal antara masyarakat Turki di Belanda yang terjadi setelah upaya kudeta satu setengah bulan lalu. Demikian dikatakannya pada konferensi pers mingguannya, Jumat.

Selasa lalu Kantor Berita Turki Anadolu Ajansi (AA) menyebarkan daftar organisasi-organisasi Belanda yang diduga berafliasi dengan Gülen. Dikatakannya, bahwa ini bukan gagasan pemerintah Turki.

Namun demikian perdana menteri Rutte memperingatkan sekali lagi agar pemerintah Turki tidak mencampuri urusan dalam negeri Belanda. “Kami tetap mau bekerjasama dengan Turki pasca upaya kudeta, tapi kami tidak bisa mentolerir kalau Turki mencampuri urusan dalam negeri Belanda. Ini batas yang harus dijaga oleh pemerintah Belanda.”

Sabtu lalu perdana menteri Rutte menelpon presiden Turki, Recep Tayyip Erdogen, untuk menyatakan Belanda tidak mentolerir campur tangan Turki. Minggu lalu Menlu Belanda, Bert Koenders, berkunjung ke Turki untuk menegaskan kepada menlu Turki, Mevlüt Çavuşoğlu,  agar jangan mengeskpor konflik Turki ke Belanda. Namun menlu Turki mengkritik balik.

Ia mengatakan Belanda bermoral ganda. Di satu segi pemerintah Belanda mencampuri urusan dalam negeri Turki dengan mengkritik penangkapan-penangkapan pasca kudeta. Tapi di segi lain meminta Turki agar tidak mencampuri urusan dalam negeri Belanda.

Belakangan banyak terjadi ancaman dari pihak masyarakat Turki di Belanda yang pro Erdogan terhadap masyarakat Turki yang dituduh pengikut Gülen. Makanya ada orang menilai warga Turki gagal berintegrasi di Belanda. Perdana menteri Rutte menyangkal hal ini. Ia merujuk kepada laporan Biro Perencanaan Sosial Budaya, Sociaal Cultureel Planbureau (SCP). Menurut laporan biro ini, 80 persen migran Turki terintegrasi dalam masyarakat Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s