Keberangkatan KLM mengalami keterlambatan di Schiphol

Pesawat KILM di bandara Schiphol ©flickr.com/Caribb

Pesawat KILM di bandara Schiphol
©flickr.com/Caribb

Ahad bandara Schiphol memperingatkan calon penumpang bahwa penerbangan KLM mungkin akan mengalami keterlambatan. Menurut serikat buruh FNV sekitar dua puluh penerbangan mengalami keterlambatan dari seperempat sampai setengah jam.

Sebelumnya FNV mengimbau anggotanya yang bekerja di KLM untuk mengadakan aksi protes antara jam 09.00 sampai 13.00. Aksi protes tersebut berupa tindakan di mana para karyawan “mematuhi aturan dengan sangat ketat” untuk memperlihatkan bahwa tekanan kerja mereka sangat tinggi. Menurut FNV, biasanya karyawan tidak selalu mematuhi aturan justru supaya pesawat bisa berangkat tepat waktu.

Sekitar 80 persen karyawan berpartisipasi dalam aksi yang dalam Bahasa Belanda disebut “stipheidsactie” tersebut. Jurubicara FNV mengatakan, tujuan aksi protes ini bukan untuk menyusahkan penumpang, tapi untuk memperlihatkan kepada KLM betapa tingginya tekanan kerja.

Aksi FNV ini dilakukan karena ada perbedaan pendapat antara pihaknya dengan KLM tentang kondisi kerja karyawan.

Semula FNV mau menggelar pemogokan tapi tidak jadi karena dilarang oleh hakim sampai akhir musim liburan. Selasa mendatang FNV akan naik banding.
Stipheidsactie juga diadakan Sabtu lalu, tapi para calon penumpang tidak begitu terganggu. Namun demikian untuk hari Ahad, Schiphol toh mengumumkan mungkin akan terjadi keterlambatan.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s