Wartawan Belanda asal Turki akan diadili September nanti

Ebru Umar ©en.wikipedia.org

Ebru Umar
©en.wikipedia.org

Wartawan Belanda asal Turki, Ebru Umar, akan disidangkan di pengadilan Turki pada tanggal 6 dan 22 September nanti. Ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang wawancara di koran Belanda De Telegraaf dan tentang kicauannya di Twitter. Dia ditutuh menghina presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Atatürk dan Nabi Muhammad. Demikian diberitakan koran Belanda De Telefraaf, Rabu.

Ebru mengatakan, dirinya tidak berencana untuk bertolak ke Turki untuk membela diri terhadap tuduhan-tuduhan tersebut. “Saya dianjurkan untuk tidak datang,“ katanya. Pengacaranya akan mewakilinya.

Tanggal 6 September dia akan diadili dalam kasus penghinaan terhadap Erdogan dan pendiri Turki Mustafa Kemal Atatürk. Di wawancara dengan De Telegraaf, Ebru mengatakan: “Ada dua diktator di Turki, yang satu lebih megaloman dari yang lain.” Menurut Kejaksaan Turki, ucapan ini sudah cukup untuk menjadi alasan mengadili Ebru.

“Menyebut seseorang sebagai diktator ternyata tidak boleh,” kata Ebru kepada Metro, koran tempat ia bekerja.

Pengadilan tanggal 22 akan membahas soal tweetnya di tahun 2011 yang bertulisan: “Mohammed adalah homo, pasti deh.”Menurut Kejaksaan Turki, yang dimaksud adalah Nabi Muhammad, tapi Ebru membantah. Lewat twitter ia bereaksi: “saya hanya kenal Mohammed orang Maroko. Misalnya Mohammed Bouyeri. Pembunuh Theo v Ghoh.” Theo v Ghoh adalah sineas Belanda yang dikenal kritis terhadap Islam.

Ebru menilai tuduhan Kejaksaan Turki aneh-aneh. Bersama dengan pengacaranya dan ayahnya ia sibuk menghadapi ini semua. Menurut dia, ini membuang-buang waktu saja.

Ebru Umar ditangkap oleh polisi Turki di tempat liburan di Kusadasi, Turki, pada 23 April. Ia ditangkap gara-gara beberapa tweet kritis tentang Erdogan. Sejak itu ia tidak boleh meninggalkan Turki sampai 10 Mei. Kemudian ia serta merta pulang ke Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s