Perdana menteri Belanda mengunjungi tentara Belanda di Bagdad

Rutte bersama tentara Belanda ©facebook.com

Rutte bersama tentara Belanda
©facebook.com

Perdana menteri Belanda, Mark Rutte, Selasa, mengunjungi tentara Belanda di Bagdad, Irak. Militer Belanda itu bertugas melatih komando khusus tentara Irak. Pelatihan itu merupakan bagian dari sumbangan Belanda terhadap koalisi internasional memerangi ISIS.

“Mereka adalah para lelaki dan perempuan berani yang bekerja dalam kondisi berat dan jauh dari kampung halaman demi keamanan semua orang,” tulis Rutte di laman facebooknya. “Saya berterima kasih kepada mereka atas upaya mereka dan menyampaikan penghargaan dari kabinet Belanda. Saya juga menyadari, ini tidak gampang bagi keluarga yang ditinggalkan di rumah.”

Rutte mengunjungi beberapa tempat pelatihan di ibu kota Irak tersebut. Sekitar 25 orang Belanda mengajari pasukan elit Irak menembak dan pertolongan pertama. Mereka juga diajari bertempur di kawasan kota.

Perdana menteri Belanda juga sempat bertemu dengan perdana menteri Haider al-Abadi. Rutte menandaskan, bahwa di negara Arab itu harus segera ada proses rekonsiliasi antara berbagai kelompok dan demi kestabilan Irak, diperlukan reformasi politik dan ekonomi.

Selain itu Rutte juga sempat mengadakan pertemuan dengan remaja Irak membicarakan masa depan negeri itu. Di Kedubes Belanda, Rutte berbicara dengan koordinator kemanusiaan PBB untuk Irak, Lise Grande.

Belanda memberikan pelatihan untuk memerangi ISIS bukan kepada elit militer Irak di Bagdad saja tapi juga kepada tentara Kurdistan di Irak Utara. Tentara Belanda tidak terlibat pertempuran.

Sebelumnya pesawat tempur Belanda F-16 bertugas melancarkan serangan udara dari Yordania ke sasaran-sasaran ISIS di Irak dan Suriah Timur. Tapi sejak akhir Juni lalu tugas ini diambil alih oleh pesawat jet Belgia. Sejumlah tentara Belanda masih berada di sana untuk melindung tentara Belgia.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s