Perdana Menteri Belanda Mengajak Masyarakat Turki Belanda Tenang

Perdana Menteri Mark Rutte ©commons.wikimedia.org

Perdana Menteri Mark Rutte
©commons.wikimedia.org

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menanggapi panjang lebar tentang ketegangan antara warga Belanda asal Turki pasca kudeta gagal di negeri itu. Rutte antara lain mengatakan, dirinya berharap agar wakil resmi Turki di Belanda ikut berusaha mewujudkan ketenteraman di Belanda. Perdana menteri juga mengatakan, bahwa dia bersama menteri urusan integrasi Lodewijk Asscher, menlu Bert Koenders dan menteri Keamanan dan Kehakiman, Ard van der Steur, tiap hari menggeluti masalah ini, juga selama mereka berlibur.

“Sebagian pekerjaan dilakukan di balik layar, dan sebagian di depan layar. Jika perlu kami berbicara dengan publik lewat media, misalnya untuk menjelaskan bahwa ancaman dan kekerasan tidak bisa diterima sama sekali.”

Belanda mengutuk upaya kudeta di Turki dan menganggap ini suatu tindakan yang tidak bisa diterima. Namun sekaligus Rutte mengatakan, adalah tidak wajar kalau ketegangan di sebuah negara yang berjarak ribuan kilometer dari Belanda bisa mengancam Belanda. “Di sini kita punya cara sendiri untuk menyelesaikan masalah,” tandas Rutte lewat Facebook.

“Batasnya adalah menyulut kebencian dan kekerasan. Siapa yang melampawai batas itu, akan berhadapan dengan polisi,” kata Rutte. “Kami menilai orang tidak berdasarkan kenyataan bahwa ia termasuk kelompok besar tertentu. Kalau pengikut Gülen di Turki diduga terlibat kudeta tidak serta merta berarti seorang pemilik toko Belanda asal Turki terlibat.”

Selain itu Rutte memberi tahu bahwa Kamis lalu adalah lagi kontak dengan pemerntah Turki. Menlu Koenders telah berbicara dengan menteri urusan Eropa Ömer Celik tentang tindakan pemerintah Turki terhadap kebebasan media pasca upaya kudeta.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s