Pengungsi Terduduh Teroris Akan Dibebaskan

Penampungan pengungsi sementara ©azc-alert.nl

Penampungan pengungsi sementara
©azc-alert.nl

Pencari suaka asal Suriah yang tahun ditahan atas tuduhan berkaitan dengan suatu gerakan teror, harus dibebaskan. Penuntut Umum menyatakan bukti tidak memadai untuk memperkuat tuduhan. Makanya Kamis kemarin Pengadilan Rotterdam memutuskan untuk membebaskan pria asal Aleppo, Suriah tersebut.

Kejaksaan ragu apakah pria berusiah 19 tahun ini benar-benar pernah menjadi anggota sebuah organisasi teror. “Betapa pun seriusnya tuduhan ini, namun menurun negara hukum, seseorang baru bisa divonis, kalau tidak ada keraguan yang wajar terhadap kesalahannya, “jelas Kejaksaan. “Memang ada bukti sah, tapi tidak meyakinkan, hanya satu kesimpulan yang dapat diambil yaitu pembebasan.”

Putusan direncanakan akan diambil pada 29 Agustus. Karena memang ada bukti dan pernyataan yang menunjukkan adanya hubungan dengan organisasi teroris, maka Kejaksaan meminta hakim agar yang terkait tetap ditahan, tapi sebelum keputusan diambil, “semua argumen harus terlebih dahulu dipelajari”.
Dalam hal ini Kejaksaan antara lain merujuk pada pernyataan dua orang yang pernah tinggal bersama pria tersebut di pusat penampungan pencari suaka di Zaandam, sebuah kota tidak jauh dari Amsterdam.

Pengungsi asal Suriah ini dikatakan pernah mengatakan kepada teman-temannya di pusat penampunga bahwa dirinya sempat menjadi anggota Al-Qaedah di Suriah dan bahwa ia gembira dengan serangan teror di Paris November tahun lalu. Saksi-saksi lain mengatakan kepada Kejaksaan bahwa pria ini pernah menunjukkan foto dia mana si tesangka terlihat bersenjata.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s