Politisi Belanda: “Erdogan mungkin merekayasa kudeta militer”

Presiden Turki Recep Tayip Erdogan ©de.wikipedia.org

Presiden Turki Recep Tayip Erdogan
©de.wikipedia.org

Politisi Belanda asal Turki mengeluarkan tanggapan terhadap upaya kudeta yang gagal di Turki kemarin. Menurut anggota DPRD Amsterdam, Dilan Yesilgöz, ada kemungkinan upaya kudeta itu direkayasa oleh presiden Erdogan sendiri.

Menurut dia, dengan menyalahkan tentara Erdogan bisa memperkuat kekuasaannya. Namun politisi dari partai liberal konservatif VVD ini menduga juga ada skenario lain. Misalnya dia merujuk pada pengikut Fethullah Gülen, seorang lawan politik Erdogan yang bermukim di Amerika Serikat. Erdogan sendiri sudah lebih dahulu menuding Fethullah Gülen sebagai dalang kudeta.

Dua politisi asal Turki lainnya, Selçuk Öztürk dan Tunahan Kuzu, dari partai Denk (Berpikir), menilai bahwa demokrasi sudah menjadi pemenang dari serangkaian peristiwa di negeri asal mereka itu.

Di laman Facebook mereka terbaca: “Sejak berdiri, negara Turki banyak mengalami kudeta militer. Tapi malam kemarin rakyat Turki bangkit melawan dan menunjukkan kemampuannya menegakkan demokrasi. Demokrasi telah menang melawan tank dan senjata.”

Namun tidak semua orang sependapat dengan politisi Denk. Anggota parlemen dari partai buruh PvdA, Keklik Yücel, berkicau di Twitter. “Mimpi buruk bagi Turki… semua kalah dan terutama demokrasi yang kalah.”

Dilan Yesilgöz, anggota DPRD Amsterdam juga berpendapat bahwa demokrasilah yang kalah.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s